Cara Alami Mengobati Anoreksia

 

Anoreksia nervosa merupakan keadaan dimana seseorang mengalami gangguan makan sehingga menyebabkan berat badannya turun sangat parah. Penyebab pastinya belum diketahui, namun kombinasi emosional, psikologi, fisik serta sosial bisa menjadi pemicu utama. Sedangkan untuk gejalanya mulai dari kuku rapuh, rambut rontok, kulit pucat, kelelahan, insomnia, berat badan rendah, depresi, tekanan darah rendah dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda butuh diagnosa dokter dan perawatan khusus. Selain itu, Anda juga bisa mempercepat penyembuhan dengan menerapkan cara alami mengobati anoreksia berikut ini.

Cara Alami Mengobati Anoreksia

Cara Alami Mengobati Anoreksia

  1. Jahe

Jahe dapat merangsang nafsu makan, sehingga pengobatan anoreksia akan berjalan lebih lancar. Selain itu jahe juga bisa menenangkan perasaan dan mengurangi kecemasan serta stres. Anda bisa mencampurkan 1/2 sdt jahe yang sudah dicincang halus dengan sedikit garam batu. Selanjutnya konsumsi ramuan tersebut setiap hari, 30 menit sebelum makan selama beberapa minggu.

 

  1. Jeruk

Jeruk dan buah-buah segar lainnya ternyata dapat dijadikan cara alami mengobati anoreksia. Hal ini dikarenakan kandungan jeruk yang dapat merangsang nafsu makan. Selain itu, jeruk juga dapat membersihkan sistem pencernaan, menenangkan saraf serta melawan kecemasan serta depresi.

 

Anda bisa mengonsumsi segelas jus jeruk segar selama beberapa kali setiap hari. Agar jus terasa lebih lezat, Anda bisa menambahkan garam, jus lemon serta sedikit lada hitam. Jangan lupa juga untuk menghirup kulit jeruk agar perasaan (mood) untuk makan dapat meningkat.

 

  1. Mint

Mint merupakan natural appetizer, yang mana bisa dijadikan cara alami mengobati anoreksia. Selain itu aroma yang dikeluarkan mint juga dapat meningkatkan nafsu makan serta mencegah peningkatan stres (emosional). Anda bisa mengonsumsi 2 sdt jus mint segar setiap pagi.

 

  1. Yoga

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Adolescent Health pada tahun 2010 disebutkan bahwa yoga dapat membantu perawatan anoreksia dan gangguan makan sejenis. Beberapa pose yoga yang cocok untuk pengobatan masalah ini diantaranya adalah Crab Pose (Catuspadapitham), Mountain Pose (Tadasana), Locust Pose Salabhasana), Squat Pose (Malasana) dan Goddess Pose (Utkata Konasana).

 

  1. Akupuntur dan akupresur

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Alternative and Complementary Medicine pada tahun 2014 disebutkan bahwa akupuntur dan akupresur dapat meningkatkan rasa subjektif, yang mana sulit dilakukan oleh penderita anoreksia. Meskipun penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan, namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

 

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu ramuan terbaik untuk dijadikan cara alami mengobati anoreksia. Khasiatnya sendiri dapat merangsang nafsu makan secara alami, sekaligus membantu sekresi atau pembersihan sistem pencernaan. Anda bisa mencincang halus 3 hingga 4 siung bawang putih. Selanjutnya campurkan dengan segelas air dan rebus selama beberapa menit. Setelah itu saring dan konsumsi airnya. Anda juga bisa menambah 2 sdm jus lemon dan sedikit garam agar rasanya lebih lezat.

Cara Alami Mengobati Anoreksia | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply