Cara Alami Mengobati Anemia

Anemia disebabkan oleh jumlah sel darah merah (hemoglobin) yang rendah. Selain itu, anemia juga bisa disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh dan biasanya berdampak pada keadaan tubuh yang lemas tak bertenaga. Untuk mengatasi hal ini, sudah banyak obat-obatan yang dapat dikonsmsi. Namun begitu, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik sekaligus aman, cara alami mengobati anemia di bawah dapat Anda gunakan.

Cara Alami Mengobati Anemia

Cara Alami Mengobati Anemia

  1. Makanan tinggi zat besi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi adalah cara yang paling tepat dan efektif untuk mengobati anemia. Bahkan, dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir mengenai efek samping yang berbahaya.

Ada banyak makanan yang mengandung zat besi, misalnya saja kubis, brokoli dan bayam. Selain itu, daging merah, kismis, aprikot dan plum juga bisa Anda konsumsi jika Anda tidak suka dengan sayuran.

  1. Cuka apel

Cuka apel atau apple cider vinegar bila dicampurkan dengan jus lemon akan menjadi olahan ramuan koktail. Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa koktail ini dapat digunakan sebagai obat anemia. Bahkan, dengan mengkonsumsinya secara rutin, hemoglobin dalam tubuh Anda akan berangsur-angsur meningkat.

  1. Biji wijen

Cara alami mengobati anemia selanjutnya adalah dengan bantuan biji wijen. Selain dapat mengobati anemia, biji wijen juga memiliki kandungan zat besi yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Anda hanya perlu merebus biji wijen bersama dengan air selama 10 menit. Setelah itu tambahkan 1 sdt madu, lalu aduk hingga merata. Konsumsi ramuan tersebut setiap hari hingga Anda sembuh dari anemia.

  1. Yoga

Beberapa gerakan yoga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit anemia. Hal tersebut karena banyak gerakan yoga diantaranya yang mampu memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh. Bahkan jika dilakukan secara rutin, penyakit anemia dapat dicegah dengan sangat efektif.

  1. Garam epsom

Ada beberapa jenis garam yang dapat digunakan untuk menyembuhkan anemia dan salah satunya adalah garam epsom. Cara menggunakannya adalah dengan memasukan kaki Anda pada wadah berisi air bercampur garam epsom. Rendam kaki setiap hari dengan waktu secukupnya.

Selain dapat mengatasi anemia, merendam kaki pada air garam epsom juga dapat memperlancar sirkulasi darah serta mencegah pusing akibat kekurangan sel darah merah. Bahkan jika Kita mempelajari sejarah. Pada abad ke-16 disebutkan bahwa garam epsom adalah tanah yang ada di negara Inggris. Tanah tersebut mengandung banyak mineral alami dan magnesium sulfat. Masyarakat dahulu menggunakannya untuk mandi sekaligus sebagai obat rumah penyakit anemia.

  1. Makanan tinggi vitamin C

Makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi, misalnya jeruk dan lemon dapat Anda jadikan cara alami mengobati anemia yang efektif. Nantinya vitamin C pada buah-buahan tersebut dapat membantu tubuh menyerap zat besi. Sehingga asupan zat besi dapat efektif digunakan untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengkonsumsi jeruk dengan apel atau pisang setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa mengganti buah apel dengan sayuran dan daging tanpa lemak sebagai porsi makan sehari-hari.

Cara Alami Mengobati Anemia | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply