Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Biasanya orang yang mempunyai banyak ketombe memiliki rasa percaya diri yang kurang, termasuk ketika menyesuaikan kehidupan sosial Mereka. Hal tersebut karena residu atau ketombe tersebut tidak hanya melekat pada kulit kepala, rambut ataupun sisir, namun juga melekat pada pakaian. Ketombe sendiri sebenarnya adalah masalah kulit kepala yang umum terjadi. Anda bisa melakukan beberapa cara alami menghilangkan ketombe di rumah. Selain itu, cara-cara di bawah ini juga mampu secara efektif menyembuhkan kulit kering dan berminyak.

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

  1. Cuci dan sikat rambut secara teratur

Penyebab utama dari munculnya ketombe adalah karena adanya kulit mati. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk menyingkirkan ketombe adalah dengan rajin mencuci dan menggosok kulit kepala serta rambut. Selain itu, menyikat rambut juga berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi minyak alami untuk melembabkan kulit kepala. Setidaknya Anda harus mencuci rambut dengan sampo anti ketombe sebanyak dua kali dalam seminggu.

 

  1. Cuci dengan buah lemon

Lemon banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan sampo. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, karena buah masam ini ternyata diteliti mampu menghilangkan ketombe, kotoran dan minyak berlebih. Anda bisa mencampurkan lemon dengan air, setelah itu menggunakannya sebagai pencuci rambut selama lima menit.

 

  1. Bilas dengan air cuka

Tidak jauh berbeda dengan lemon, cuka juga mampu digunakan sebagai cara alami menghilangkan ketombe. Anda bisa menggunakan beberapa takar cuka bersamaan dengan air. Lakukan bilasan dengan air cuka ini dengan cepat, sehingga serpihan sel kulit mati dapat luluh.

 

  1. Gunakan pengobatan minyak zaitun

Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe dan melembabkan rambut. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun hangat ke kulit kepala sembari digosok dan dipijat secara melingkar menggunakan jemari. Usahakan melakukan pengobatan ini pada malam hari dan membilasnya pada pagi hari.

 

  1. Gel lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya sudah dipercaya sejak dahulu kala sebagai obat alami menghilangkan dan menyembuhkan berbagai macam masalah rambut. Bahkan tidak sedikit produk kesehatan kulit kepala yang menggunakan tanaman hijau berduri ini sebagai bahan bakunya. Sifat antibakteri dan antivirus yang terdapat pada aloe vera mampu menumpas berbagai macam kotoran pada rambut Anda, termasuk bakteri dan jamur. Anda dapat menerapkan gel lidah buaya secara langsung ke seluruh bagian kulit kepada dan rambut. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

 

  1. Jangan lupakan putih telur

Bukan hanya dapat digunakan sebagai masker wajah, putih telur juga ternyata dapat dijadikan cara alami menghilangkan ketombe secara efektif. Selain itu, putih telur juga dipercaya mampu dijadikan sumber gizi bagi rambut, sekaligus mencegah terjadinya kerontokan. Anda bisa mengolah ramuan masker rambut ini dengan cara memisahkan terlebih dahulu putih telur dari kuningnya. Setelah itu terapkan putih telur ke seluruh bagian rambut selama 15 menit. Bilas menggunakan air dingin untuk mendapatkan efek nyaman.


Cara Alami Menghilangkan Ketombe | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply