Cara Alami Menghilangkan dahak

Dahak adalah cairan kental yang biasa ada pada hidung dan tenggorokan. Selain itu, dahak juga biasa hadir bersamaan dengan penyakit lain, seperti batuk, demam dan flu. Dahak juga bisa muncul akibat faktor-faktor lainnya, seperti infeksi virus, sinusitis, merorok secara berlebihan dan kedinginan. Ada banyak cara alami menghilangkan dahak yang dapat Anda lakukan dirumah dan beberapa diantaranya dapat Anda pelajari pada pembahasan berikut ini.

  1. Madu dan jahe

Jahe sejak dahulu kala sudah dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kandungan senyawa yang terdapat pada jahe diteliti dapat meminimalkan gejala penyakit batuk pilek dan menenangkan sistem pernapasan.

Cara Alami Menghilangkan dahak

Cara Alami Menghilangkan dahak

Anda dapat mencampurkan 100 gram jahe segar yang sudah dikuliti dan ditumbuk atau diparut dengan 2 sdm madu. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam microwave selama 15 detik. Lanjutkan dengan menyeduh 2 sdm ramuan terebut dengan air hangat. Konsumsi sebanyak dua kali sehari selama tiga hari.

  1. Lada

Campurkan setengah sendok teh lada putih dengan 1 sdm madu. Setelah itu masukkan ramuan tersebut ke dalam microwave selama 10 hingga 15 detik. Seduh ramuannya dengan air hangat dan konsumsi sebanyak tiga kali dalam sehari. Selain menggunakan madu, Anda juga bisa membuat ramuan lain dengan bantuan lemon, lada hitam dan sedikit garam.

  1. Bawang dan lemon

Cara alami menghilangkan dahak selanjutnya adalah dengan mengolah bawang dengan lemon. Pertama-tama kupas bawang, lalu giling dalam juicer. Lanjutkan dengan memeras satu buah lemon ke dalam ramuan bawang tersebut. Tuangkan secangkir air mendidih ke dalamnya, lalu diamkan selama 2 hingga 3 menit. Setelah suhunya mendingin, Anda dapat menambahkan 1 sdt madu, lalu minum sebanyak tiga kali sehari hingga dahak menghilang.

  1. Anggur

Anggur diteliti mampu menjadi ekspektoran alami, sehingga mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit pernapasan, termasuk hidung dan tenggorokan yang tersumbat akibat dahak serta paru-paru yang sesak. Anda bisa mengolah anggur menjadi jus, setelah itu tambahkan 2 sdm madu. Konsumsi ramuan tersebut sebanyak tiga kali sehari dalam seminggu.

  1. Teh lemon

Lemon dapat Anda jadikan cara alami menghilangkan dahak yang sangat efektif. Kandungan asam sitrat yang terdapat pada buah masam ini diteliti dapat dijadikan antiseptik alami untuk membantu menghilangkan dahak pada tenggorokan. Anda dapat mengolah lemon menjadi jus, lalu menambahkan madu secukupnya.

  1. Air garam

Berkumur dengan air garam adalah teknik tradisional yang hingga saat ini masih dipercaya mampu menyembuhkan masalah mulut, termasuk digunakan sebagai cara alami menghilangkan dahak. Anda dapat menyiapkan segelas air hangat, setelah itu beri 1 sdm garam dan aduk. Gunakan ramuan air garam tersebut untuk berkumur. Anda juga harus memiringkan kepala ke arah belakang agar air sampai ke ujung tenggorokan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan 1 sdm kunyit pada ramuan tersebut.

Cara Alami Menghilangkan dahak | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply