Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan suatu kondisi dimana keadaan tekanan darah seseorang mengalami penurunan yang begitu rendah sehingga memunculkan banyak gejala berbahaya. Beberapa gejala umum yang mungkin hadir ketika darah terlalu rendah diantaranya adalah mual, pusing, pingsan, sesak napas, kelelahan, jantung berdebar, penglihatan kabur serta kulit lembab dan dingin. Ada banyak penyebab mengapa tekanan darah menjadi rendah, diantara yang paling populer adalah karena kekurangan gizi, istirahat di tempat tidur dalam waktu lama, dehidrasi, gangguan endokrin, gangguan pada jantung, kehamilan, kondisi neurologis serta penurunan volume darah. Jika Anda mengalami masalah kesehatan ini, Anda dapat mencoba beberapa cara alami mengatasi tekanan darah rendah pada pembahasan berikut.

Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Rendah

  1. Air garam

Air garam mampu secara efektif membantu mengobati tekanan darah rendah. Hal tersebut dikarenakan kandungan sodium yang terdapat pada garam dapat meningkatkan tekanan darah. Namun begitu, tentunya penggunaannya harus dibatasi. Anda bisa mengonsumsi air garam dengan takaran 1/2 sdt garam dan segelas air.

 

  1. Kopi

Sama seperti garam, kafein pada kopi, cola ataupun coklat panas juga dapat meningkatkan tekanan darah yang rendah, terutama ketika keadaannya berupa hipotensi ortostatik. Anda dapat mengonsumsi kopi sekali pada pagi hari. Namun tetap ingat jangan membiasakannya dalam jangka panjang.

 

  1. Kemangi suci

Cara alami mengatasi tekanan darah rendah selanjutnya adalah dengan mengolah kemangi suci. Salah satu tanaman obat ini memiliki kandungan vitamin C, kalium, magnesium serta asam pantotenat yang dipercaya dapat mengobati tekanan darah rendah. Selain itu, kemangi suci juga dipercaya dapat mengurangi stres. Untuk cara penggunaannya, Anda hanya perlu mengolah 10 hingga 15 daun kemangi menjadi ekstrak. Tambahkan 1 sdm madu untuk menambah kelezatan rasanya. Selain dibuat jus, daun kemangi suci juga dapat langsung dikunyah sebanyak 4 hingga 5 helai setiap pagi hari.

 

  1. Rosemary

Rosemary yang diolah menjadi minyak esensial juga ternyata dapat dijadikan cara alami mengatasi tekanan darah rendah. Hal ini karena efek dari kandungan rosemary yang mampu merangsang sistem saraf pusat serta meningkatkan sirkulasi, sehingga tekanan darah kembali normal. Anda dapat menggunakan 10 ml minyak rosemary setiap hari untuk keperluan konsumsi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beberapa tetes minyak rosemary sebagai aromaterapi.

 

  1. Jus wortel

Anda dapat mengolah wortel menjadi jus segar dengan tambahan beberapa sendok madu. Dengan kandungan baik pada wortel dan madu, tekanan darah Anda yang rendah dapat berangsur-angsur kembali normal.

 

  1. Jus lemon

Selain jus wortel, cara alami mengatasi tekanan darah rendah yang terakhir pada pembahasan kai ini adalah dengan menggunakan lemon. Perlu diketahui bersama, buah lemon mengandung nutrisi yang dapat mengobati tekanan darah rendah. Selain itu, mengonsumsi jus lemon juga dapat mengatasi dehidrasi yang menjadi salah satu penyebab merendahnya tekanan darah. Anda dapat menambahkan campuran jus tebu dan sedikit garam ke dalam jus lemon untuk meningkatkan khasiatnya.

Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Rendah | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply