7 Olahraga Peninggi Badan

Tinggi badan yang kurang memang banyak menjadi problema di kalangan masyarakat Indonesia. Selain karena faktor keturunan, orang-orang Indonesia juga sebagiannya malas untuk berolahraga. Padahal, olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah untuk meningkatkan tinggi badan. Misalnya saja olahraga peninggi badan yang ada pada daftar berikut ini.

Olahraga Peninggi Badan

Olahraga Peninggi Badan

  1. Menggantung secara vertikal

Salah satu jenis olahraga yang paling efektif untuk meningkatkan tinggi tubuh adalah menggantung atau hanging secara vertikal. Anda bisa coba menggantungkan tubuh dengan memegang besi atau selainnya selama beberapa detik sesuai kemampuan. Nantinya latihan ini akan membantu tulang rawan di bagian tulang belakang memanjang.

 

  1. Skipping

Skipping seperti yang kita tahu melibatkan gerakan melompat. Hal tersebut secara tidak langsung membantu tubuh menyuplai darah ke tulang jauh lebih efisien. Membuat tulang dapat memanjang lebih cepat. Olahraga ini juga memberikan tekanan pada beberapa bagian tubuh.

 

  1. Cobra stretch

Biasa juga disebut sit up. Selain dapat membentuk otot perut, cobra stretch juga ternyata bisa meningkatkan tinggi badan. Caranya pun mudah. Anda hanya perlu berbaring sembari menahan tubuh bagian bawah. Secara bersamaan, tubuh bagian atas diangkat dengan bantuan kedua tangan. Ketika mengangkat, tahan tubuh sekitar 15 hingga 20 detik.

 

  1. Vertikal bend

Sama seperti poin ketiga, olahraga yang keempat ini juga sangat mudah dilakukan dan banyak diterapkan pada olahraga-olahraga di sekolah. Vertikal bend sendiri merupakan posisi latihan yang dapat membantu bagian tulang belakang tertarik. Hal tersebut membantu tulang untuk memanjang lebih cepat.

 

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu duduk sembari kedua kaki diluruskan ke depan dan saling berjauhan. Setelah itu, pegang setiap ujung kaki dengan tangan. Secara bersamaan, bungkukan badan berkali-kali secara perlahan sembari menjaga agar lutut tidak tertekuk.

 

  1. Hopping dengan satu kaki

Latihan selanjutnya adalah dengan berdiri sembari mengangkat satu kaki yang dipegang dengan kedua tangan. Hitung sampai delapan kali, lalu ganti dengan kaki sebelahnya. Olahraga ini dipercaya dapat meningkatkan kekuatan kaki, tinggi badan, perkembangan otak, hingga meningkatkan generasi hormon pertumbuhan.

 

  1. Basket

Olahraga peninggi badan selanjutnya adalah basket. Sama seperti skipping, di dalam olahraga basket juga banyak gerakan melompat. Hal ini bisa sangat membantu Anda yang ingin memiliki tubuh yang tinggi. Selain itu, bemain basket juga menyenangkan, meningkatkan ketangkasan, dan kerjasama tim.

 

  1. Berenang

Olahraga terakhir yang bisa Anda coba untuk menambah tinggi tubuh adalah berenang. Ketika bergerak di dalam air, beban tubuh akan berlipat, membuat pergerakannya akan semakin berat. Hal ini mirip dengan menempatkan beban pada kaki, membuat tubuh tertarik ke belakang saat Anda berenang ke depan.

 

Kesimpulan

Untuk memiliki tubuh yang tinggi memang butuh perjuangan yang besar. Terlebih bila umur sudah lebih dari masa pertumbuhan. Namun begitu, jika Anda konsisten menerapkan olahraga peninggi tubuh di atas, sembari mengonsumsi makanan bergizi, dan menjaga kesehatan tubuh, maka bukan tidak mungkin tinggi tubuh akan sesuai dengan kenginan. Baca juga Olahraga untuk menurunkan berat badan

7 Olahraga Peninggi Badan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply