6 Makanan Sehat untuk Anak

Kanak-kanak adalah masa pertumbuhan, sehingga sangat penting bagi orang tua memperhatikan apa saja yang dikonsumsi oleh anak mereka. Makanan berkalori tinggi dan lemak adalah sebagaian jenis yang sebaiknya tidak banyak diberikan. Sebaliknya, makanan kaya serat, vitamin, kalsium, serta mineral bisa membantu meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak. Misalnya saja seperti daftar makanan sehat untuk anak berikut ini.

6 makanan sehat untuk anak

6 makanan sehat untuk anak

  1. Apel

Apel terkenal rendah kalori dan kaya akan serat. Selain itu, rasanya pun lezat dan disukai oleh segala usia. Di dalam buah apel juga terdapat vitamin C serta nutrisi lainnya yang penting bagi tubuh. Namun begitu jangan lupa, perhatikan dalam penyajiannya. Sebaiknya pilihlah apel organik yang bebas pestisida. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengupas kulitnya. Perlu diketahui, pada kulit buah apel terdapat nutrisi berguna yang sebanding dengan yang ada pada dagingnya.

 

  1. Yogurt

Konsumsi yogurt tanpa gula dapat memberikan efek yang baik bagi tumbuh kembang anak. Seperti yang kita tahu, yogurt adalah salah satu jenis olahan susu, jadi kandungan susu ada di dalamnya. Hal ini membuat yogurt dapat menjadi alternatif bila anak tidak suka meminum susu. Yogurt juga merupakan makanan yang bisa diolah bersama dengan jenis makanan lain, semisal buah-buahan dan biskuit.

 

  1. Ikan tuna

Ikan laut, termasuk ikan tuna kaya akan nutrisi yang baik bagi perkembangan tubuh anak. Hal ini dikarenakan tuna kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Selain itu, ikan laut juga umumnya kaya akan vitamin dan mineral. Agar lebih lezat dan mengundang nafsu makan, Anda bisa mengolah ikan menjadi lebih unik, sesuai selera, dan keinginan anak Anda. Misalnya saja Anda bisa membuat ikan bersama dengan sup hangat. Bisa juga menjadikannya sandwich ataupun roti gandum.

 

  1. Telur

Bila Anda bingung menu makanan apa yang cocok saat sarapan, maka jawabannya adalah telur. Seperti yang kita tahu, telur terbilang bahan makanan yang murah dan praktis. Di sisi lain, telur kaya akan protein, zat besi, vitamin, dan berbagai jenis mineral lainnya. Hal ini membuat telur cocok bagi anak-anak yang sangat membutuhkan nutrisi-nutrisi tersebut di masa pertumbuhan mereka.

 

  1. Sayuran

Mungkin sayur bukan makanan yang disukai banyak anak. Namun bila berbicara mengenai apa makanan sehat untuk anak, maka sayuran adalah salah satu jawabannya. Beragam sayuran, terutama sayuran berdaun hijau mengandung banyak sekali vitamin dan mineral. Di sisi lain ada pula sayuran lainnya, seperti wortel, kacang polong, dan wortel yang juga kaya akan vitamin, semisal vitamin A dan C, serta kalium dan protein. Jadi, tidak ada salahnya bila Anda menyajikan sayuran sebagai pendamping makanan lainnya bagi anak.

 

  1. Biji bunga matahari

Makanan sehat untuk anak selanjutnya adalah biji bunga matahari. Biji yang lezat dan sudah banyak diproduksi ini cocok dijadikan cemilan dibandingkan manisan atau cemilan tinggi gula yang terkadang kurang menyehatkan. Menurut penelitian, biji bunga matahari kaya akan zat besi, vitamin E, fosfor, magnesium, asam folat, dan zinc. Jadi, sayang bila anak Anda tidak menjadikan makanan ini sebagai cemilan sehari-hari.

6 Makanan Sehat untuk Anak | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply