6 Gejala Gagal Ginjal

Gejala Gagal Ginjal

Masyarakat saat ini sudah diambang terkena penyakit ginjal kronis, sehingga tidak sedikit yang sudah mengalami gagal ginjal. Tentunya hal tersebut menunjukan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai bahaya penyakit ginjal dan cara-cara mencegahnya. Selain itu, peran pemerintah dalam memberikan penyuluhan mengenai penyakit ini pun masih kurang terlihat. Oleh sebab itu, sebagian masyarakat harus memaksa diri pergi ke rumah sakit untuk memeriksa kondisi ginjalnya. Namun begitu, tahukah Anda bahwa ada beberapa gejala gagal ginjal yang dapat Kita ketahui. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak pembahasan di bawah ini.

6 Gejala Awal Gagal Ginjal

6 Gejala Awal Gagal Ginjal

  1. Rasa sakit pada kaki dan punggung

Gejala gagal ginjal yang paling umum nan khas pada CKD atau penyakit ginjal kronis adalah rasa sakit yang lama pada bagian punggung atas dan kaki. Selain itu, rasa nyeri juga hadir pada ginjal yang bermasalah. Bahkan dalam beberapa keadaan, rasa sakitnya lebih parah dibandingkan seorang wanita yang sedang dalam proses persalinan.

Nyeri pada punggung bagian atas dan kaki sendiri disebabkan oleh gagalnya ginjal untuk mengekskresikan cairan berlebih di dalam tubuh. Sehingga timbul pembengkakan pada banyak bagian. Bahkan dalam banyak penelitian disebutkan bahwa tangan dan wajah pun termasuk di dalamnya.

  1. Perubahan air kemih

Ginjal berfungsi sebagai penyaring limbah yang ada dalam tubuh. Limbah tersebut nantinya dibuang bersama dengan air kemih. Ketika ginjal mengalami masalah, maka gejala yang sering timbul adalah perubahan pada air kemih, seperti jumlah, warna dan frekuensi. Bahkan dalam beberapa keadaan, urin dapat bercampur dengan darah, sehingga pasien memerlukan perawat medis.

  1. Kelelahan

Gejala gagal ginjal selanjutnya adalah kelelahan. Dimana ketika ginjal mengalami masalah, produksi EPO – erythropoietin hormon berkurang. Akibatnya sel-sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan otak tidak bekerja secara maksimal. Walhasil, Anda akan lebih cepat kelelahan dan lebih sering tertidur.

  1. Iritasi kulit

Cairan limbah dan racun yang tertahan pada tubuh akibat penyakit ginjal dapat menyebabkan kulit mudah iritas, sehingga gatal-gatal dan jerawat sangat mudah menyerang. Bahkan dalam keadaan yang lebih parah, masalah tersebut menyebabkan munculnya tanda-tanda toksisitas berlebih pada bagian permukaan kulit. Akibatnya bermunculanlah berbagai penyakit kulit, seperti kulit kering, ruam, gatal yang berlebih, iritasi, kemerah-merahan dan masih banyak lagi.

  1. Mual

Gejala gagal ginjal selanjutnya adalah munculnya perasaan mual, bau mulut dan kurangnya nafsu makan. Hal tersebut diakibatkan penumpukan atau toksisitas limbah pada aliran darah yang diakibatkan kurang efisiennya ginjal mengolah dan menyaring cairan pada tubuh.

  1. Rasa logam

Gejala gagal ginjal yang terakhir adalah munculnya rasa logam (metallic flavor) pada mulut. Dalam bahasa medis, gejala ini disebut juga dengan nama Amoniak Breath, dimana mulut serta napas sang pasien mengandung banyak sekali senyawa, seperti oksigen, nitrogen, karbon dioksida, gas inert, air dan komponen sisa (jejak).

6 Gejala Gagal Ginjal | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply