5 Cara Mengobati Wasir Tanpa Operasi Yang Disarankan Dokter

Cara mengobati wasir dengan tepat. Hemoroid atau wasir kerap kali menghilang sendirinya setelah beberapa hari. Akan tetapi terdapat banyak pengobatan yang dapat mengurangi ketidaknyamanan dan gatal-gatal yang muncul. Perawatan awal untuk mengatasi wasir sesuai yang dianjurkan dokter yaitu dengan mengubah pola makan serta tidak mengejan ketika buang air besar.

5 Cara Mengobati Wasir Tanpa Operasi Yang Disarankan Dokter

5 Cara Mengobati Wasir Tanpa Operasi Yang Disarankan Dokter

Tak jarang dibutuhkan perawatan lebih invasive. Dimana perawatan tersebut tergantung dari letak hemoroid itu sendiri. Apakah hemoroid tersebut terletak di bawah, di atas ataukah di bagian dentate line atau garis dentate. Garis dentate ini merupakan garis batas yang terdapat dalam dinding kanal anus sebagai pemisah area yang dapat merasakan rasa nyeri di area yang tak dapat merasakannya. Cara mengobati wasir tanpa operasi tentu sangat menyakitkan jika wasir atau hemoroid tumbuh di bawah atau pada garis dentate. Hal tersebut disebabkan saraf di bagian tersebut dapat  mendeteksi timbulnya rasa sakit. Bila hal tersebut terjadi, maka operasi hemoroid pun perlu dilakukan.

Cara Mandiri Mengobati Wasir

Bila hemoroid yang terjadi diakibatkan oleh konstipasi, maka Anda perlu berusaha supaya tinja bertekstur lebih lunak, dan dapat membuang feses dengan teratur. Hal ini bertujuan supaya Anda tak mengejan ketika membuang feses. Adapun untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu meningkatkan kandungan serat yang terdapat pada menu makanan harian Anda. Dimana beberapa sumber asupan serat yang baik diantaranya sayuran, buah, sereal, dan gandum. Di samping itu, Anda dianjurkan untuk minum lebih banyak air. Hindari asupan minuman berkafein, misalnya seperti kopi, minuman bersoda dan teh.

Adapun cara mengobati wasir secara mandiri di rumah, adalah sebagai berikut :

  1. Sesudah buang air besar, pakai tisu lembut atau bisa gunakan tisu bayi yang lembut untuk membersihkan bagian bokong. Hindari menggunakan tisu toilet bertekstur kasar.
  2. Tepuk area bokong secara perlahan dan pelan-pelan, bukan mengelapnya.
  3. Jangan mengejan ketika buang air besar, sebab kebiasaan tersebut dapat memperparah kondisi hemoroid.

Macam-Macam Pengobatan Wasir Yang Disarankan

Ada beberapa macam jenis pengobatan wasir yang dianjurkan, diantaranya :

  1. Penggunaan Krim Kortikosteroid

Bila Anda mengalami inflamasi atau peradangan di sekitar maupun di bagian dalam anus, umumnya dokter menganjurkan memakai krim kortikosteroid. Hindari memakai krim ini untuk pemakaian 7 hari secara berturut-turut. Sebab krim kortikosteroid dapat membuat kulit yang ada di sekitar anus lebih menipis.

  1. Obat Pereda Sakit

Paracetamol termasuk salah satu jenis obat pereda sakit, selain itu dapat membantu meredakan sakit karena hemoroid. Sebaiknya hindari obat berjenis kodein. Sebab dapat memperburuk dan menyebabkan terjadinya konstipasi.

  1. Obat Pencahar

Jika mengalami konstipasi, maka dokter memberikan resep obat pencahar atau laksatif. Obat ini bisa membantu melancarkan sistem pembuangan feses dengan mudah.

  1. Pengikatan Hemoroid

Pengikatan hemoroid turut melobatkan tali elastis yang diikatkan kuat di bagian dasar hemoroid dengan tujuan memotong saluran aliran darah. Dengan tanpa adanya aliran darah ini, hemoroid pun terlepas usai seminggu melakukan perawatan. Adapun proses pengikatan tersebut merupakan prosedur harian. Dimana proses ini tak membutuhkan pembiusan, selain itu pasien dapat beraktivitas normal kembali di keesokan harinya.

obat wasir

obat wasir

Dapatkan Obat Wasir Herbal di Disini

  1. Pengobatan Hemoroid Tanpa Operasi

Bila perubahan gaya hidup dan pola makan tak memberikan hasil yang signifikan, biasanya dokter melakukan rujukan langsung ke dokter spesialis. Lewat dokter spesialis inilah yang dapat memastikan cara mengobati wasir dengan tepat sesuai dengan melakukan observasi pasian penderita hemoroid.

5 Cara Mengobati Wasir Tanpa Operasi Yang Disarankan Dokter | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply