10 Perbedaan Antara Bos dan Pemimpin

10 Perbedaan Antara Bos dan Pemimpin. Bos atau atasan kadang disamakan dengan seorang pemimpin atau leader. Padahal jika Kita pelajari lebih dalam, diantara keduanya amat banyak sekali perbedaan. Hal tersebut bahkan dilihat scara umum, sehingga bukan saja satu dua orang yang bisa Kita lihat perbedaannya, namun secara real hal tersebut terjadi dibanyak tempat dan waktu. Oleh sebab itu, dalam artikel kali ini Anda akan diajak untuk mengethaui apa saja perbedaan antara seorang atasan dengan seorang pemimpin.

10 Perbedaan Antara Bos dan Pemimpin

10 Perbedaan Antara Bos dan Pemimpin

  1. Bos impersonal, pemimpin compassionate

Impersonal dalam hal ini adalah melimpahkan masalah kepada orang lain. Seorang bos lebih sering mengatur kayawan Mereka. Manakala bawahannya tersebut melakukan kesalahan, maka karyawan tersebut yang disalahkan.

 

Berbeda dengan bos, pemimpin memiliki sifat compassionate. Mereka adalah orang-orang yang peduli kepada siapapun dalam timnya. Pemimpin tidak menganggap bawahannya adalah karyawan, namun tim. Sehingga manakala ada di dalam timnya yang melakukan kesalahan, maka Dia siap memasang dada untuk ikut disalahkan.

 

  1. Bos mengatakan saya, pemimpin mengatakan Kita

Ini sangat umum terjadi. Manakalah Anda bekerja di suatu perusahaan dan menjadi seorang bawahan, maka bos di perusahaan tersebut akan mengatakan “Saya”. Saya perintahkan, ini urusan Saya, Saya bos di sini, Saya yang berhak ini dan itu serta sifat-sfat diktator lainnya.

 

Di sisi lain seorang leader selalu mengatakan Kita. Kita berhasil, ini tugas Kita bersama, Kita harus menyelesaikannya sekarang dan kata-kata lainnya yang begitu sangat kekeluargaan karena memang pemimpin tidak memiliki karyawan, melainkan tim.

 

  1. Bos menggunakan manusia, pemimpin mengembangkannya

Bos hanya ingin mengetahui bahwa karyawan-karyawannya ahli dalam bidangnya, dapat mengerjakan semua yang diperintahkan dan mendaptkan goal dari tujuannya. Berbeda dengan pemimpin, yang mana seorang pemimpin atau leader selalu memikirkan timnya. Dia lebih peduli bagaimana timnya tersebut berkembang bersamanya.

 

  1. Bos memberikan rasa takut, pemimpin mendapat rasa hormat

Tidak semua, namun pada umumnya bos lebih banyak ditakuti dibandingkan dihormati. Kebanyakan karyawan melakukan tugasnya hanya karena gaji atau takut dimarahi oleh sang bos. Berbeda dengan leader, Mereka dihormati. Bawahan dari pemimpin tidak merasa takut. Mereka bekerja untuk menghormati pemiminnya tersebut.

 

  1. Bos mengambil penghargaan, pemimpin memberikan

Perbedaan lainnya antara bos dan pemimpin adalah mengenai penghargan. Jika seorang bos hanya bisa mengambil penghargaan yang dihasilkan oleh karyawannya, maka seorang pemimpin berlaku sebaliknya. Dia akan memberikan reward kepada bawahannya yang telah berhasil.

 

  1. Bos micromanages, pemimpin delegates

Micromanages maksudnya mengatur dalam skala kecil. Bos selalu mengatur karyawannya di lingkungannya. Berbeda dengan pemimpin yang memberikan ruang bagi bawahannya atau mendelegasi timnya agar berkembang.

 

  1. Bos memerintah, pemimpin memimpin

Perbedaan antara bos dan leader yang paling mencolok adalah cara Mereka memberi tugas. Jika bos memberi tugas dengan memerintah tanpa dirinya sendiri ikut melakukan, maka pemimpin berbeda. Pemimpin mengatakan “let’s go”, maksudnya ayo bekerja bersama.

 

  1. Bos berpikir pendek, pemimpin berpikir panjang

Pemimpin memiliki mimpi bersama timnya. Itu mengapa seorang pemimpin akan berpikir panjang. Berbeda dengan bos, yang Mereka lebih berfokus pada hasil saat ini. Tujuan-tujuan jangka pendek lebih Mereka fokuskan.

 

  1. Bos mengatakan dirinya atasan, pemimpin mengatakan dirinya kolega

Ciri lainnya yang membedakan antara bos dan pemimpin adalah cara pandang Mereka terhadap diri sendiri. Bos akan mengatakan dirinya bos (atasan) dan karyawannya adalah bawahan yang harus menuruti perintahnya. Berbeda dengan pemimpin, Mereka merasa bahwa bawahannya adalah timnya dan teman kerjanya.

 

  1. Bos fokus pada proses, pemimpin fokus pada sumber daya manusia

Tidak peduli bagaimana karyawannya, bos tetap akan memerintahkan Mereka. Apa yang bos inginkan dari suatu proses haruslah berhasil dilakukan oleh karyawannya. Berbeda dengan seorng leader, yang mana Mereka fokus pada timnya. Melihat bagaimana perkembangan timnya, mengetahui masalah yang sedang dihadapi dan menyelesaikannya bersama-sama.

 

10 Perbedaan Antara Bos dan Pemimpin | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply